Senin, 04 April 2011
Secara teknis pembuatan Film itu ada tiga tahap.

1.Pra Produksi
Pra produksi di sini adalah hal-hal yang disiapkan sebelum proses produksi di laksanakan. Hal-hal yang di lakukas pada waktu Pra produksi antara lain :

1.a. Rapat Perencanaan
Di dalam rapat perencanaan di sini banyak hal yang di bahas dan di lakukan. Mulai dari masalah dana pembentukan cerita, Pengembangan cerita menjadi sebuah skenario, pembentukan crew, pemilihan lokasi, casting talent, dsb. Di dalam rapat perencanaan itu semua hal harus benar-benar matang. Sebab jika kurang matang banyak sekali perubahn yang tidak di inginkan. Dan yang paling kelihatan adalah dana yang membengkak. Selain itu juga waktu produksi yang akan semakin molor.

1.b. Pembentukan Cerita
Pembentukan cerita adalah pengembangan suatu ide cerita menjadi sebuah cerita yang nantinya akan di kembangkan lagi menjadi sebuah skenario. Dalam pembuatan dan pengembangan cerita menjadi sebuah skenario, tidak semua crew ikut turut serta. Hanya sutradara (Director) dan asisten sutradara serta yang berhubungan langsung dengan penyutradaraan yang berkecimpung.

1.c. Penulisan Skenario
Penulisan Skenario dilakukan jika suatu cerita sudah jadi dan fix. Penulisan skenario dilakukan oleh Script writer. Di dalam skenario tersebut dicantumkan scene-scene dan dialog serta audio dan angle-angle. Pada penulisan skenario, script writer di dampingi oleh sutradara

1.d. Pembuatan Story Board
Pembuatan Story board harus sesuai dengan skenario. Yang di maksud story board di sini adalah gambar sketsa dari setiap scene dari film. Story board adalah acuan dalam proses produksi nantinya.

a. Pembentukan Crew
Pembentukan crew di sini harus selektif dan benar-benar sesuai dengan skill. Hal ini di maksudkan agar tidak ada overlaping job. Sehingga proses Produksi bisa berjalan Lancar.

b. Casting
Casting di sini adalah untuk mencari pemain atau talent dalam film. Casting haruslah benar-benar subyektif. Guna mendapatkan talent yang sesuai dengan tokoh dalam cerita.

c. Produksi
Setelah masa Pra Produksi selesai, maka proses produksi dilakukan. Di sini semua crew bertugas sesuai dengan bagian masing-masing. Dalam proses produksi disarankan di minimalisir adanya overlapping job. Hal ini dimaksudkan agar proses produksi bisa berjalan lancar. Proses produksi adalah proses yang paling melelahkan. Karena di sini semua bekerja secara teknis. Hingga proses produksi selesai sepenuhnya.

d. Pasca
Setelah produksi selesai, maka hasil dari produksi di lanjutkan ke dalam pasca produksi. Di sini editor berperan penuh. Tapi tidak lepas juga dari pengawasan sutradara. Editor di sini bekerja sesuai dengan skenario dan story board yang ada.Namun selain proses editing tersebut, ada hal lain yang masuk di dalam pasca produksi. Yaitu launching dan Gala premiere film itu sendiri. Proses launching dan Gala itu sendiri dimaksudkan agar untuk publikasi film itu sendiri ke masyarakat luas.


Setelah semua proses tadi selesai dilakukan maka selesai sudah film tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN

About Me

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut