Sabtu, 02 April 2011


HTML (hypertext markup language) merupakan suatu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan di halaman web. HTML dirancang untuk digunakan tanpa tergantung pada suatu platform tertentu. Dokumen HTML adalah suatu dokumen teks biasa dan disebut markup language karena menggunakan tanda-tanda tertentu yang disebut tag untuk mengatur bagaimana suatu dokumen ditampilkan pada browser.

Pada mulanya HTML didesain untuk menjadi sebuah bahasa yang menggambarkan suatu struktur dokumen yang tidak terikat pada perangkat keras dan perangkat lunak tertentu. Tetapi dalam penggunaannya, HTML menjadi semacam bahasa untuk mengatur format tampilan dokumen saja. HTML dirasakan sangat terbatas untuk mendukung pembuatan aplikasi-aplikasi rumit pada website.

Untuk membuat program aplikasi yang berjalan di atas web, Anda harus terlebih dahulu menguasai HTML. Saat ini telah banyak terdapat paket aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat halaman web secara WYSIWYG (what you see is what you get) seperti Microsoft FrontPage, Macromedia DreamWeaver, Netscape Composer dan sebagainya, yang memudahkan Anda untuk merancang suatu halaman web tanpa harus menguasai tag-tag HTML. Akan tetapi untuk menjadikan halaman web Anda lebih dinamis dan lebih interaktif, penguasaan terhadap terhadap tag-tag HTML akan sangat diperlukan.

Untuk membuat situs web yang dinamis dan interaktif, tidak cukup dengan mengandalkan HTML saja, terlebih lagi dalam membangun suatu web database. Anda akan melibatkan bahasa scripting seperti PHP, ASP, JavaScript, dan sebagainya. Dalam bahasa scripting, script diletakkan di antara tag-tag HTML, sehingga tanpa penguasaan terhadap tag-tag HTML tentu saja Anda tidak akan tahu dimana akan meletakkan suatu script di dalam suatu dokumen HTML. Sebaliknya banyak tag HTML yang dimasukkan di dalam suatu script, misalnya untuk pindah baris, membuat tabel, memasukkan gambar, link, dan untuk keperluan lainnya. Tentu saja Anda harus mengetahui tag apa saja yang diperlukan untuk keperluan tersebut.

STRUKTUR DASAR HTML
HTTP (hypertext transfer protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protokol ini mentransfer dokumen-dokumen web yang ditulis atau berformat HTML.
Dikatakan markup language karena HTML berfungsi untuk memformat file dokumen teks biasa untuk bisa ditampilkan pada web browser sesuai keinginan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan elemen atau sering disebut sebagai tag.
Elemen HTML biasanya berupa tag-tag yang berpasangan dan setiap tag ditandai dengan simbol “<” dan “>”. Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan simbol ” / “. Misalnya pasangan dari tag adalah . Dalam hal ini disebut sebagai elemen dan biasanya dalam suatu elemen terdapat atribut-atribut untuk mengatur elemen itu.

Dalam penulisan tag HTML tidak bersifat case sensitive, artinya penggunaan huruf kecil ataupun kapital tidak menjadi masalah. Script HTML dapat dituliskan dalam text editor seperti Notepad, kemudian disimpan dengan ekstensi .htm atau .html. Untuk mengeksekusi file HTML dapat dilakukan dengan menggunakan browser seperti Internet Explorer atau Netscape Navigator melalui menu File|Open, kemudian browse ke lokasi dan nama file dimana file HTML disimpan.

KODE WARNA
Sebelum mempelajari lebih jauh tentang tag-tag HTML alangkah baiknya terlebih mengetahui kode warna yang akan sering digunakan dalam penulisan tag-tag HTML. Pengaturan warna untuk halaman HTML menggunakan kode warna RGB (red, green, blue) yang mana setiap warna ditampilkan dalam dua digit nilai heksadesimal. Setiap bagian dua digit kode menunjukkan banyaknya intensitas dari kombinasi warna merah, hijau, dan biru. Sebagai contoh 00 pada dua digit pertama berarti tidak ada warna merah, dan seterusnya.

BAGIAN HEAD
Bagian head tidak harus ada pada sebuah dokumen HTML, tetapi pemakaian head yang benar akan meningkatkan kegunaan suatu dokumen HTML. Bagian ini menyimpan informasi yang berguna mengenai dokumen. Isi bagian head tidak ditampilkan ketika dokumen HTML diakses melalui browser, kecuali bagian title yang merupakan judul dokumen.

BAGIAN BODY
Properti dokumen diatur melalui atribut-atribut yang terdapat dalam elemen . Sebagai contoh adalah pengaturan warna latar belakang halaman, warna teks, warna link, dan lain-lain.
Atribut elemen body
background = lokasi dan nama file latar belakang image dokumen
bgcolor = warna latar belakang dokumen, default putih
text = warna teks dokumen, default hitam
link = warna link dokumen, default biru
vlink = warna visited link dokumen, default ungu
alink = warna active link dokumen, default merah
bgproperties = [fixed|none] (mengatur properti gambar latar belakang)
topmargin = batas atas dokumen (pixel)
leftmargin = batas kiri dokumen (pixel)

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN

About Me

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut