Sabtu, 02 April 2011

INTERNET
Internet berasal dari kata interconnection networking yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, wireles, dan sebagainya. Jaringan komputer ini diintegrasikan oleh protokol-protokol yang umum disebut TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP secara umum berfungsi untuk memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket data, dan lain-lain.

Untuk dapat menggunakan fasilitas internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider). Dengan memanfaatkan internet, pemakai komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, memakai data bersama-sama, berkomunikasi dengan cara saling kirim e-mail atau menggunakan fasilitas chatting, membahas topik tertentu pada news group, dan lain-lain.

WEB SERVER DAN WEB BROWSER
WWW (World Wide Web) merupakan jaringan beribu-ribu komputer yang dikategorikan menjadi dua: client dan server dengan menggunakan software khusus membentuk sebuah jaringan yang disebut jaringan client-server. Dalam cara kerja WWW ada dua hal yang terpenting yaitu software web server dan software web browser.
Web server menyimpan/menyediakan informasi dan memproses permintaan dari client, apabila ada client yang meminta informasi maka server mengirimkannya. Informasi yang diakses dapat berupa teks, gambar, suara, maupun animasi. Server juga mengirimkan perintah-perintah ke client bagaimana cara menampilkan semua informasi tersebut dalam bentuk HTML (Hypertext Markup Language). Client membuat permintaan informasi dan kemudian menangani pengaksesan informasi kepada end user.
Web browser merupakan suatu software yang dirancang untuk mengambil informasi-informasi dari suatu server komputer pada jaringan internet. Software web browser ini juga biasa disebut dengan browser saja. Beberapa contoh browser yang banyak digunakan antara lain:
1Internet Explorer dari Microsoft Corporation
2Netscape Navigator dari Netscape Communication
3OPERA dari Opera Software ASA
4Mosaic buatan NCSA
5Lynx, browser teks pada sistem Unix

WEBSITE
Website (situs web) merupakan alamat URL (Uniform Resource Locator) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi dengan topik tertentu. Suatu situs web terdiri atas:
1Web page (halaman web), merupakan halaman khusus dari website tertentu yang tersimpan dalam bentuk file. Dalam web page tersimpan berbagai informasi dan link yang menghubungkan suatu informasi ke informasi lain baik dalam web page yang sama maupun web page yang lain pada website yang berbeda.
2Homepage (halaman utama) merupakan halaman pertama atau sampul dari suatu website yang biasanya digunakan untuk memberikan informasi singkat mengenai isi dari website tersebut dan siapa pemiliknya.

Website yang ada di internet dapat dikategorikan menjadi:
1Web statis, yaitu web berisi/menampilkan informasi-informasi yang sifatnya statis (tetap).
2Web dinamis dan interaktif, merupakan web yang dapat menampilkan informasi secara dinamis dan up-to-date serta dapat melakukan interaksi dengan user. Agar dapat memberikan informasi yang relevan, website dinamis biasanya terhubung dengan database sehingga informasi yang ditampilkan pada website sesuai dengan data yang ada pada database. Untuk membuat website yang bersifat dinamis dan interaktif diperlukan bahasa pemrograman khusus.

PEMROGRAMAN WEB
Teknologi pemrograman web dibedakan menjadi dua:
1Client-side programming. Client-side programming merupakan teknik pemrograman web dimana perintah program dijalankan di web browser, sehingga ketika client meminta dokumen yang mengandung script, maka script tersebut akan didownload dari servernya kemudian dieksekusi pada browser yang bersangkutan. Pemrograman web yang tergolong client-side programming: JavaScript, VbScript, HTML.
2Server-side programming. Pada server-side programming, perintah-perintah program (script) terlebih dahulu dieksekusi di web server, kemudian hasilnya dikirimkan ke browser dalam bentuk HTML biasa. Pemrograman web yang tergolong server-side programming: CGI/Perl, ASP, JSP, PHP, ColdFussion, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN

About Me

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Pengikut