Sabtu, 02 April 2011
23.35 |
Diposting oleh
yuli |
Edit Entri
Sistem komputer terdiri atas 4 komponen yang saling bekerja sama dan berinteraksi untuk mencapai tujuan sistem komputer, yaitu komputasi
4 komponen tersebut, yaitu :
-Pemroses
-Memori Utama
-Perangkat Masukkan dan Keluaran
-Interkoneksi antar komponen
Pemroses
Berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data.
Terdiri dari :
-Bagian ALU (Aritmatic Logic Unit)
-Bagian CU (Control Unit)
-Register
Langkah-langkah kerja pemroses
-Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama
-Men-dekode instruksi menjadi aksi-aksi sederhana.
-Melaksanakan aksi-aksi.
Operasi-operasi di komputer
-Operasi Aritmatika
Contoh : Penambahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya
-Operasi Logika
Contoh : Operasi OR, And, X-OR, inversi dan sebagainya
-Operasi Pengendalian
Contoh : Operasi percabangan, lompat dan sebagainya
Memori
-Memori berfungsi menyimpan data dan program
-Memori utama biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi dihentikan.
Perangkat Masukan dan Keluaran
-Berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal (interface, seperti : perangkat penyimpanan sekunder, perangkat komunikasi, terminal dan lain sebagainya)
-Berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar sehingga komputer bermanfaat bagi lingkungannya.
Terdiri dari 2 bagian :
-Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri
-Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
Antar muka perangkat mengikuti standar tertentu, standar resmi badan standar, seperti ANSI, IEEE.
Interaksi Antar Komponen
-Adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama dan perangkat masukkan dan keluaran).
-Secara fisik berupa perkawatan.
-Diperlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
-Interkoneksi antar komponen disebut bus.
-Contoh interkoneksi : ISA, PCI, AGP adalah yang popular.
Bus terdiri dari 3 macam
-Bus Alamat
-Bus Data
-Bus Kendali
Mekanisme Ekseskusi Instruksi
Dibagi menjadi 2 tahap, yaitu :
-Pemroses membaca instruksi dari memori (fetch)
-Pemroses mengeksekusi instruksi (execute)
Mode Eksekusi Instruksi
Dikaitkan dengan kewenangan, yaitu :
Program bagian dari sistem operasi
-Membaca atau memodifikasi register kendali.
-Instruksi-instruksi primitif perangkat masukan keluaran.
-Instruksi-instruksi manajemen memori
Program pemakai
-Mode dengan kewenangan rendah disebut mode pemakai, karena program pemakai (aplikasi) biasa dieksekusi pada mode ini.
4 komponen tersebut, yaitu :
-Pemroses
-Memori Utama
-Perangkat Masukkan dan Keluaran
-Interkoneksi antar komponen
Pemroses
Berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data.
Terdiri dari :
-Bagian ALU (Aritmatic Logic Unit)
-Bagian CU (Control Unit)
-Register
Langkah-langkah kerja pemroses
-Mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari memori utama
-Men-dekode instruksi menjadi aksi-aksi sederhana.
-Melaksanakan aksi-aksi.
Operasi-operasi di komputer
-Operasi Aritmatika
Contoh : Penambahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya
-Operasi Logika
Contoh : Operasi OR, And, X-OR, inversi dan sebagainya
-Operasi Pengendalian
Contoh : Operasi percabangan, lompat dan sebagainya
Memori
-Memori berfungsi menyimpan data dan program
-Memori utama biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi dihentikan.
Perangkat Masukan dan Keluaran
-Berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal (interface, seperti : perangkat penyimpanan sekunder, perangkat komunikasi, terminal dan lain sebagainya)
-Berfungsi menghubungkan komputer dengan lingkungan luar sehingga komputer bermanfaat bagi lingkungannya.
Terdiri dari 2 bagian :
-Komponen mekanis, yaitu perangkat itu sendiri
-Komponen elektronis, yaitu pengendali perangkat berupa chip controller.
Antar muka perangkat mengikuti standar tertentu, standar resmi badan standar, seperti ANSI, IEEE.
Interaksi Antar Komponen
-Adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama dan perangkat masukkan dan keluaran).
-Secara fisik berupa perkawatan.
-Diperlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
-Interkoneksi antar komponen disebut bus.
-Contoh interkoneksi : ISA, PCI, AGP adalah yang popular.
Bus terdiri dari 3 macam
-Bus Alamat
-Bus Data
-Bus Kendali
Mekanisme Ekseskusi Instruksi
Dibagi menjadi 2 tahap, yaitu :
-Pemroses membaca instruksi dari memori (fetch)
-Pemroses mengeksekusi instruksi (execute)
Mode Eksekusi Instruksi
Dikaitkan dengan kewenangan, yaitu :
Program bagian dari sistem operasi
-Membaca atau memodifikasi register kendali.
-Instruksi-instruksi primitif perangkat masukan keluaran.
-Instruksi-instruksi manajemen memori
Program pemakai
-Mode dengan kewenangan rendah disebut mode pemakai, karena program pemakai (aplikasi) biasa dieksekusi pada mode ini.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
IKLAN
About Me
Total Tayangan Halaman
Diberdayakan oleh Blogger.
Entri Populer
-
Seven major Word Classes: 1. Verb: be, drive, grow, sing, think 2. Noun: brother, car, David, house, London 3. Determiner: a, an, my, som...
-
Langkah-langkahnya ambil persamaan pertama dan kedua lalu eliminir salah satu variable (pers 4) ambil persamaan satu dan tiga atau dua d...
-
HTML (hypertext markup language) merupakan suatu format yang digunakan dalam pembuatan dokumen dan aplikasi yang berjalan di halaman web. ...
-
Jika A adalah sebuah matrik maka vektor tak nol x disebut vektor eigen dari A jika Ax adalah kelipatan skalar dari x, yaitu Ax = px Unt...
-
DOS INTERNAL COMMAND DATE = Set Tanggal TIME = Set Waktu DIR = File List CD = Change Dir MKDIR = Make Dir DEL = Hapus File VER = cek ...
-
Istilah sistem merupakan istilah dari bahasa yunani “system” yang artinya adalah himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara t...
-
Langkah membuat program dinamis 1.Ketikkan statemen berikut sebagai header file atau awal program import java.io.*; 2.Kerangka Program c...
-
Sebelumnya singkatan dari apa IP itu? yaitu Internet Protocol.tapi disini aku hanya menjelaskan tentang apa itu IP Address(alamat IP)?ada ya...
-
Secara teknis pembuatan Film itu ada tiga tahap. 1.Pra Produksi Pra produksi di sini adalah hal-hal yang disiapkan sebelum proses produks...
-
1. Sekilas tentang Adobe After Effects Adobe After Effects adalah salah satu software compositing yang populer dan telah digunakan secara ...
Blog Archive
-
▼
2011
(37)
-
▼
April
(28)
- Cara Setting IP Address
- Cara memasang kabel UTP pada konektor RJ45
- Tentang Ping
- Sekilas Tentang Pembuatan Film 2
- LANGKAH –LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DINAMIS
- MEMBUAT DATABASE
- VEKTOR
- NILAI EIGEN DAN VEKTOR EIGEN
- ELIMINASI PERSAMAAN LINIER 3 VARIABEL
- Sistem Operasi - Sekilas Mengenai Sistem Komputer
- Pengertian Sistem Menurut pra Ahli
- Word Classes
- HTML (HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE)
- Pengertian Internet
- JOB FOR IT
- C++ Perulangan
- Sistem Operasi INTERNAL COMMAND
- Sistem Operasi
- Database Implementation
- Adobe AfterEffects
- INPUT DATA DARI KEYBOARD
- LANGKAH –LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DINAMIS
- Input Gui
- Java - Input Console
- Pemrograman JAVA - Contoh Pemrograman While
- Pemrograman JAVA - Contoh Pemrograman Continue
- Pemrograman JAVA - Contoh Programan Break
- BAHASA PEMROGRAMAN I
-
▼
April
(28)
Pengikut
Blog archive
-
▼
2011
(37)
-
▼
April
(28)
- Cara Setting IP Address
- Cara memasang kabel UTP pada konektor RJ45
- Tentang Ping
- Sekilas Tentang Pembuatan Film 2
- LANGKAH –LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DINAMIS
- MEMBUAT DATABASE
- VEKTOR
- NILAI EIGEN DAN VEKTOR EIGEN
- ELIMINASI PERSAMAAN LINIER 3 VARIABEL
- Sistem Operasi - Sekilas Mengenai Sistem Komputer
- Pengertian Sistem Menurut pra Ahli
- Word Classes
- HTML (HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE)
- Pengertian Internet
- JOB FOR IT
- C++ Perulangan
- Sistem Operasi INTERNAL COMMAND
- Sistem Operasi
- Database Implementation
- Adobe AfterEffects
- INPUT DATA DARI KEYBOARD
- LANGKAH –LANGKAH MEMBUAT PROGRAM DINAMIS
- Input Gui
- Java - Input Console
- Pemrograman JAVA - Contoh Pemrograman While
- Pemrograman JAVA - Contoh Pemrograman Continue
- Pemrograman JAVA - Contoh Programan Break
- BAHASA PEMROGRAMAN I
-
▼
April
(28)
0 komentar:
Posting Komentar